Unified Process dan Unified Modeling Language

Unified Process(UP)
UP merupakan metode proses pengembangan sistem yang bersifat use-case-driven/ menggunakan use case sebagai alur untuk membangun sebuah sistem informasi, selain itu untuk metode ini terdapat beberapa tahapan yang harus dipenuhi. UP berpusat pada arsitektur perangkat lunak, interatif dan tumbuh-kembang (Alhir, 2005). Kerangka pengembangan ini termasuk baru dalam metodologi pengembangan perangkat lunak. UP dapat diaplikasikan pada berbagai skala proyek, mulai dari skala kecil sampai dengan skala besar.

UP bersifat iteratif yang tiap iterasi terdiri dari tahapan-tahapan sebagai berikut :

Inception: Tahapan paling awal, penilaian terhadap sebuah proyek perangkat lunak dilakukan. Tujuannya untuk mendapatkan kesepakatan dari stakeholder sehubungan dengan tujuan dan dana proyek.
Elaboration: Bertujuan untuk mendapatkan gambaran umum kebutuhan, persyaratan, dan fungsi-fungsi utama perangkat lunak. untuk mengetahui secara lebih baik resiko-resiko proyek, baik meliputi resiko arsitektur perangkat lunak, perencanaan, maupun implementasi. Pada tahap ini telah dimulai rancang bangun perangkat lunak secara iterative melalui aktivitas-aktivitas seperti business modeling, requirements, analysis dan design, meskipun baru pada tahap awal.
Construction: Bertujuan untuk membangun perangkat lunak sampai dengan saat perangkat lunak tersebut siap digunakan. Titik berat tahapan ini adalah pada penentuan tingkat prioritas kebutuhan/persyaratan, melengkapi spesifikasinya, analisis lebih dalam, disain solusi yang memenuhi kebutuhan dan persyaratan, pengkodean dan pengujian perangkat lunak. Jika dimungkinkan, versi awal dari perangkat lunak diuji cobakan untuk mendapatkan masukan dari pengguna.
Transition: Tahap ini difokuskan pada bagaimana menyampaikan perangkat lunak yang sudah jadi pada pengguna. Perangkat lunak akan secara resmi diuji, baik oleh penguji (tester) yang kompeten maupun oleh pengguna. Beberapa aktivitas seperti pemindahan pusat data dan pelatihan pengguna serta staf pendukung harus dilakukan pada tahap ini.

Gambar Fase Unified Process

Unified Modeling Language (UML)
UML kita sebenarnya sering mendengar ini, terutama bagi mahasiswa jurusan ilmu komputer, teknik informatika ataupun sistem informasi. Sementara UP jarang terdengar, UMML itu sendiri adalah sekumpulan alat yang digunakan untuk melakukan abstraksi terhadap sebuah sistem atau perangkat lunak berbasis objek. UML merupakan singkatan dari Unified Modeling Language. UML juga menjadi salah satu cara untuk mempermudah pengembangan aplikasi yang berkelanjutan. Aplikasi atau sistem yang tidak terdokumentasi biasanya dapat menghambat pengembangan karena developer harus melakukan penelusuran dan mempelajari kode program. UML juga dapat menjadi alat bantu untuk transfer ilmu tentang sistem atau aplikasi yang akan dikembangkan dari satu developer ke developer lainya. Tidak hanya antar developer terhadap orang bisnis dan siapapun dapat memahami sebuah sistem dengan adanya UML.

Structural Diagram

Class Diagram, diagram ini terdiri dari class, interface, association, dan collaboration. Diagram ini menggambarkan objek – objek yang ada di sistem.
Object Diagram, diagram ini menggambarkan hasil instansi dari class diagram. Diagram ini digunakan untuk membuat prototype
Component Diagram, diagram ini menggambarkan kumpulan komponen dan hubungan antar komponen. Komponen terdiri dari class, interface, atau collaboration
Deployment Diagram, diagram ini menggambarkan kumpulan node dan hubungan antar node. Node adalah entitas fisik dimana komponen di-deploy. Entitas fisik ini dapat berupa server atau perangkat keras lainnya.

Gambar Diagram UML

Berikut ini adalah beberapa alat yang membantu kita untuk menggunakan UML disebut dengan CASE (computer aided software engineering). Ada beberapa CASE yang umum digunakan oleh para profesional yang menggunakan UML, diantaranya:
• Sybase Power Designer
• Rational Rose
• Microsoft Visio
• Enterprise Architect
Ada juga beberapa CASE yang open source dan dapat digunakan secara bebas tanpa terbentur dengan masalah pembayaran lisensi seperti berikut:
• StarUML
• DIA Diagram Editor
• Umbrello
• ArgoUML
• Software Ideas Modeller
• Eclipse UML2

Referensi

Unified Process (UP) dan Unified Modeling Language (UML)


http://www.nahrowi.com/2015/12/11/post-week-2-pengembangan-sistem-informasi-2-jelaskan-pengertian-unified-process-up-extreme-programming-dan-scrum/
https://mktisstmik.files.wordpress.com/2013/07/03_unified-process-model-and-agile-development.pdf
https://www.codepolitan.com/mengenal-diagram-uml-unified-modeling-language

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *